Tips Mengatur Makan pada Anak yang Hobi Makan

mengatur makan anak


Sekolah adalah satu tempat anak menghabiskan waktu setiap hari. Bagi setiap sekolah terkadang tidak semua menyediakan kantin pada saat jam istirahat. 

Pada saat saya sekolah SD, SMP, dan SMA sering menghabiskan waktu istirahat dengan jajan di kantin atau lapak jualan. Ternyata berbeda dengan anak saya sekarang, dia harus membawa bekal sendiri, dan melihat di Story WA bekal orang lain menunya bikin jiper karena komplit ada buah, karbo, protein, dan lainnya.

Suatu hari, seorang Ibu ditegur bu guru karena anaknya memiliki habbits meminta. Nah, ini ada beberapa tips bagi orang tua yang memiliki anak hobi makan. 

Bagi anak yang hobi makan, penting memberikan makanan sesuai kebutuhannya. Ngga apa-apa bawa agak banyak makanan untuk membuatnya tidak kekurangan makan. 

Tips Mengatur Makan Anak yang Hobi Makan: 

1. Mengatur jam makan anak 

Penting mengontrol dan mengatur jam makan anak. Anak misalnya tahu jam lapar aslinya jam berapa. Misalkan jam 06.00 sarapan, jam 10.00 kudapan. 

Jam 12/13 makan siang, jam 16.00 cemilan 

Jam 17/18 makan malam 

2. Membekali Makan "lebih banyak" pada anak 

Mengantisipasi anak agar tidak minta ke temannya, juga menegaskan pada anak memberi lebih baik daripada meminta-minta. Mengajarkan anak untuk menahan diri untuk bersyukur. 

Bekal makanan yang ada: tidak lihat makanan orang. 

3. Jika Ada Makanan yang diingini, Bisa ngomong ke Ummi Biar Besoknya Dibeli 

Sekarang udah bilang ke Aska buat bersabar jika ada makanan yang diingini bisa bilang ke Ummi, biar besoknya bisa dibawa. 

4. Memvariasikan Menu Bekal Anak Termasuk Sayur dan Buah

variasi sayur dan buah anak

Bagi Ibu yang bekerja, pagi dari jam 04.00 sudah rutin bangun dan berkutat di dapur (baca: setelah sebelumnya mengerjakan pekerjaan teknis seperti menyetrika atau tahajud) penting mewaraskan diri terutama memvariasikan menu bekal anak. Terkadang saya ada 1 hari yang anak perlu bawa makanan yang khusus buah saja. Lebih banyak serat dan menyehatkan juga. Makanan yang diingini bisa bilang ke Ummi, biar besoknya bisa dibawa. 

5. Hampir Meminimalisir Jajan di Luar 

Sedari pagi menyiapkan bekal, ada bekal kudapan di jam istirahat dan bekal untuk pulang sekolah. Jadi saya menyiapkan 5 misting dengan untuk saya sendiri di jam makan siang. Semangat para ibu-ibu dalam menyehatkan keluarga. Jangan lupa menu sayur di menu makanan bekal anak kita.

No comments