Buku Tafsir Quran Three Qul - Quran Review

buku tafsir quranreview


 Pernah baca buku tafsir kan? Kalau sekilas bicara buku tafsir, apa yang ada di benakmu? Mungkin tebal, dan bahasa yang berat. Iya, ngga? Nah, sekarang ada buku tafsir tapi pengemasannya lebih menarik, dan bahasa yang lebih ringan. 

Three Qul. Buku tafsir 3 surah pendek yakni Al Falaq, An Nas dan Al Ikhlas dengan pengemasan yang lucu dan bisa percaya diri kamu bawa saat kampus atau sekolah. Ngga akan dikira bakal baca buku tafsir!  

Banyak ilmu baru yang didapat, dan mendalam. 

infografis buku three qul


Ini salah satu contoh aja yang dikupas, yakni ada pembagian di Surah Al Falaq berisi 4 kejahatan, yakni kejahatan makhluk-Nya, kejahatan malam, kejahatan sihir dan kejahatan iri/ dengki. Sementara An nas cuma kejahatan setan saja, tapi di surah An Nas membutuhkan tiga perlindungan (Asma Allah), yakni Rabb, Malik, dan Ilah. 

Pemisalan di buku Three Qul ini juga bagus banget kayak misalkan acara organ tunggal di kampung dengan acara konser BTS di Jakarta itu butuh pengamanannya yang lebih besar yang mana? Tentu yang konser BTS di Jakarta, kan?


buku quranreview

Kisah Rasulullah saw. yang disihir juga dibahas disini. 

Ada seorang Yahudi Bernama Labeeb yang menyuruh anak kecil Yahudi untuk mengambil rambut Rasulullah saw. dengan pin. Lalu diambillah rambut tersebut dan diberikan kepada orang Yahudi. 

Rambut tersebut dijadikan alat untuk menyihir, dimasukkan ke dalam boneka dan ditusukkan, dan dilemparkan ke dalam sumur yang sangat dalam. Hal tersebut membuat Rasulullah saw. merasa kesakitan. 

Saat disihir, Rasulullah saw. tidak bisa ngapa-ngapain. Kemudian Jibril memberi tahu bahwa ada yang menyihir Rasulullah saw. dan boneka sihirnya ada di dalam sumur. 

Kemudian Rasulullah saw. menyuruh orang untuk mengambil boneka tersebut. Dan kemudian dilepaslah boneka tersebut dan berangsur-angsur Rasulullah saw. mulai sembuh. 

Rasulullah saw. juga ingat saat disihir telah mendatangi istri-istrinya seperti biasa. Padahal tidak. Aisyah berkata bahwa Rasulullah saw. tidak mendatangi istri-istri beliau. 

Saking sihir itu bisa membuat seperti itu. 

Masya Allahnya ketika sembuh, Rasulullah saw. tidak terpikirkan untuk membalas atau bertanya tentang anak yahudi tersebut untuk bertanya siapa yang menyuruhnya. Rasulullah saw. itu ngga. 

Rasulullah saw. orang yang pemaaf huhuhu. Masya Allah baik banget hatinya. 

Langsung teringat juga dengan Syeikh Ali Jaber yang ditusuk oleh orang tidak dikenal. Tapi bukannya marah atau bagaimana, Syekh Ali Jaber malah memaafkannya. Huhhuhu 

Ya Allah…. 

*

Bukunya memakai analogi yang masuk akal dan dihubungkan dengan zaman sekarang. Bahkan ada bahasan K-Pop, jadi bisa relate dengan anak-anak muda zaman now. Selain pembahasan surah, banyak ilustrasi menarik, quote, dan ada kuis untuk ngejawab pertanyaan-pertanyaan tanda kita menguasai materi. 

Buku terbitan Quranreview berjumlah 216 halaman dan full color. Banyak warna hijau botol, hitam, dan gambar kucing. Dilengkapi dengan QR Video tentang pembahasan quran yang sama Al Falaq, dan lainnya. 

Untuk rekomendasi, bisa di share juga untuk ponakan, tante, adik SMA, adik SMP dan lainnya. 


BTW, SENENG banget karena ada buku yang ngasih tau kalau ada malaikat di kanan kiri kita tapi dengan bahasa anak zaman sekarang. Masya Allah tabarakallah.Ini penampakan buku 30 Days Make It Better. Covernya aja lucu banget yah! Kalau yang 30 Days It Make it Better ini masih wishlist sih karena belum punya. 



Judul Buku: Three Qul 

Penulis: Tim QuranReview

Cetakan: Oktober 2023 

Penerbit: : Penerbit Quran Review 

Tebal: 216 halaman 

No comments