Sehari Menjelajah Taman Pintar Yogyakarta: Wahana Belajar Seru!


taman pintar yogyakarta

"Kalau ke Taman Pintar itu ... kita masuk, terus keluarnya langsung jadi pintar..." seloroh supir taxi online yang kita tumpangi dari homestay ke Malioboro. Haha bener yaa. Aamiin

Liburan sekolah sudah mau berakhir ... Alhamdulillah liburan kemarin bisa ke Yogyakarta setelah perjalanan dari Gunung Bromo. Kalau ke Yogyakarta berkunjung yuk ke Taman Pintar Yogya, destinasi untuk anak, pelajar dan umum.

Sampai di Yogyakarta malam Kamis sekitar setengah 9. Sudah kelelahan dan langsung tepar. 

Ngga sempet ke Malioboro malem itu, tapi tidur. Baru paginya setelah membeli oleh oleh di Bakpia 25. Senang karena berwisata, bisa ngobrol sama supir ojol tentang oleh oleh khas Yogya yang enak dan pak suami udah woro-woro buat berangkat ke Taman Pintar. 

Wahana Belajar di Taman Pintar 

Di Taman Pintar Yogyakarta, senang karena banyak booth yang bisa menambah pengetahuan banget semacam fisika kimia dan lainnya. 

1. Augmented Reality Dino 

AR Dinosaurus Taman Pintar Yogya

Saat kita masuk ada lorong ikan dan berbagai ikan yang bisa kita lihat. Ada ikan lele jumbo putih pas itu lihat, dan ikan lainnya. Ada augmented reality dinosaurus juga lho!

Pas lihat ke arah dino ada bayangan persis kita lagi ada bareng bersama Dinosaurus. Jadi terasa nyata banget kalau kita berada di deket Dinosaurus. 

Selain itu barulah kita bisa lihat luasnya ruang sebesar Taman Pintar, kita bisa lihat beberapa percobaan langsung seperti terowongan ilusi, simulator gempa bumi, dan ada tokoh-tokoh yang berperan dalam kedokteran yang bisa kita lihat seperti dari Ibnu Sina, dan lainnya.  

2. Pengganda Bayangan 

pengganda bayangan

Di wahana pengganda bayangan, pada saat kita lihat ke cermin berdiri, kita bisa lihat diri kita di cermin lainnya dan jadi ada 2. Seru banget. Cermin dan bayangan cermin yang saling pantul akan membentuk bayangan baru. Semakin kecil sudut cermin, semakin banyak bayangan yang terbentuk. Banyaknya bayangan yang terbentuk mengikuti rumus: Jumlah bayangan = (360 derajat/ sudut cermin) - 1.

3. Ada Zona Listrik - Papan Listrik 

Zona listrik kita bisa belajar cara menghitung pembiayaan istrik yang bisa kita pakai di rumah misal lampu berapa jam kita pakai itu akan ada keluar berapa rupiahnya. 

Selain itu ada "Papan listrik" yang tangan kita disitu langsung ngikutin garis-garis listriknya berwarna biru seperti listrik.

4. Generator Pedal 

generator pedal

taman pintar yogya

Pembelajaran praktis tentang listrik yaitu perubahan energi kinetik menjadi cahaya dari mengayuh sepeda lampu bisa menjadi nyala. Seneng banget belajar IPA langsung di Taman Pintar. Lumayan tenaga 2 orang untuk mengayuhnya bisa sampai nyala. 

5. Gowes sepeda bareng tengkorak 



Yang seru ada pengganda sepeda juga kita olahraga kaki menggoes sepeda di sampingnya ada tengkorak ikut sepedaan. Hehehe. 

6. Games ICT Fisika 

games ict fisika

 Kalau Aska betah main game fisika sampai sekitar 15 menit disana. Mencoba menjawab berbagai pertanyaan logika tentang Fisika yang seru. Buktinya paling lama dipantengin diantara yang lainnya. 

7. Bermain alat tradisional gamelan 

main gamelan taman pintar

Aska aski dan saya juga sempet main alat tradisional gamelan. Seru. Ingat adik saya Salam sholeh yang ikut ekskul gamelan dan bisa tampil dimana mana, termasuk tampil di UPI. 

8. Booth potret pahlawan 

Ada berbagai foto pahlawan seperti Buya Hamka dan juga Muhammad Hatta kesukaan saya. Pecinta buku dua-duanya. 

9. Zona Demokrasi dan Pemilu 

Kita bisa belajar cara pemilu tuh gimana sih kalau pas hari H. Bagi anak-anak yang belum tau bisa seru tau caranya disini. Ada kotak suara, dan semuanya lengkap. 

10. Zona Antikorupsi 

Berbagai poin ada jelas disana seperti : Jujur, Disiplin, Tanggung jawab, Sederhana, Mandiri, Kerja Keras, Adil, Berani dan Peduli. 

11. Zona Batik

batik di taman pintar yogya

Seneng kalau liat batik-batik Yogyakarta, disini ada frame pigura hasil membatik orang-orang Yogyakarta. Ada maket Candi Borobudur juga dibuat versi mini. 

 12. Zona Hobbies

Kalau ini kesukaan suami, ada zona seperti Time Zone seperti ada untuk main basket, ada main bowling virtual, dan ada main mobil-mobilan kesukaan Pak Suami. 

13. Spot foto Dunia Terbalik  

dunia terbalik taman pintar

Dunia Terbalik serunya karena anak-anak bisa foto disana. Saya juga berfoto disana. 

Setelah dari Taman Pintar makan menu bakmie pak gito dan sampai homestay dzuhur

Di homestay kedua ini seru karena ada mesin cucinya. Dari subuh suami udah riweuh nyuci di mesin cuci. Alhamdulillahnya pas dzuhur semua udah kering. Alhamdulillah.

Dzuhur check out dan pulang.



No comments