Spoiler Escape Movie Korea: Tinggalkan Masa Lalu, Lawan Takdirmu (2024)


Pengejaran tentara yang mencoba lari dari tempatnya oleh tentara militer korea utara ini keren. Keinginan yang muncul untuk dapat lepas dari militer dan memilih hidup seperti yang diinginkan tergambar jelas di scene ending Escape.

*

Asli merasa sangat seneng banget karena bisa nonton lee je hoon, aktor yang lagi hype saat ini di Indonesia. Setelah drama taxi driver yang cukup membius karena masalah yang diusung sangat relate dengan kehidupan sekarang. 

Belain nonton sendiri ke bioskop habis jam kantor, dan juga membeli kudapan segala rupa, dan tujuan pertama harus masjid dulu main ke TSM. Dan pertama kali ke bioskop sendiri dan antusias karena nonton film yang saya suka. 

Scene pertama udah kejar-kejaran. Lee je hoon lari terus ngga berhenti. Trus dia bangun malam hari dan berlatih mencoret di sebuah kertas isinya map untuk pelarian dia. 

Jadi bukan asal-asalan lari tanpa ilmu. Tapi dia udah mempersiapkan dengan matang. Seperti berlatih terus setiap malam sampai menemukan momen yang tepat. 

Ranjau darat lihat peta sampai dia hafal. Kemudian dia balik lagi ke Barak. Ternyata dia latihan.

Dari gaya ngomong pun gaya Korea Utara. Dong Hyuk (yang diperankan oleh Hong Xa Bin) dan Lim Kyu Nam (yang diperankan Lee Je Hoon), mereka membicarakan 2 hari lagi akan turun hujan.   

Seringkali hewan-hewan juga yang menginjak ranjau akhirnya mati. 

hong xa bin film escape


Dong Hyuk bertanya setelah 10 tahun berjalan, apa yang Komandan rencanakan???

Lalu Kyu Nam menjawab bahwa aku tidak punya rencana. 

15 orang melewati garis demarkasi 

Komandan yang inget bawahannya menyembunyikan makanan atasan yang hasil jerih payah dia untuk mereka makan. Sedang Kyu Nam sendiri ga makan. 

Lalu flash back ke Kim Do Ki kecil. Saat dia lengkap bersama ayah ibu dan ayahnya meninggal terlebih dulu. 

Dia berkata jangan sakit. Mari kita bahagia. 

Suatu hari Kyu Nam terbangun dan ada bel menyatakan bahwa ada pembelot yang kabur, yang itu adalah Dong Hyuk, bawahannya sendiri. 

Kyu nam menangkap bawahannya. Tapi dia ditampar, dan dipukul terus-terusan. Dia teraniaya dan disakiti terus. Pembelot melarikan diri  dan ketahuan. 

ko kyoo hwan escape

Tapi baru juga Lee Hyun-sang (yang diperankan Koo Kyo Hwan) datang --melihat dan bertanya siapa yang membelot-- dia tertawa habis-habisan. Vibesnya beda banget dengan saat dia di film D.P yang gokil habis. Disini gila scene pertama aja udah kelihatan psikopat. 

Baca juga: Review Film D.P 

Lee Hyun-sang mengatakan kalau di laporan tertulis kalau peta itu yang buat Dong Hyuk. Jadi kan sebenarnya Kyu Nam ngga bersalah.

Disitu kaptennya ketakutan sampai bergetar. Bahwa dia berspekulasi dan menyimpulkan semula karena mereka sangat dekat. 

"Jadi kesimpulannya ... karena mereka sangat dekat jadi kamu mengira Lim mau kabur?

Akhirnya dibawalah Lee Jee Hoon oleh Lee Hyun Sang. Di perjalanan mereka mengobrol dan ternyata mereka adalah kawan lama. 

"Kau sama seperti ayahmu .. Aku menyukaimu karena kau menerima takdirmu." Kata Lee Hyun sang. Disini sepertinya Lee Hyun sang memang ingin tahu kebenarannya. Apa benar dia ingin membelot?

Mereka dalam perjalanan. Kyu Nam bingung mereka akan kemana dan dia bertanya. Bodornya Kyu Nam disuruh ngulum bola di mulutnya. Gile takut ketelen ngga tuh? 

Sampailah mereka di tempat perjamuan yang dihadiri oleh para pembesar Korea Utara dan selir-selirnya. Acara itu sebenarnya untuk dilakukan ceremony bahwa Sersan Lim Kyu Nam menangkap pembelot. 

Hingga berbaliklah posisi Kyu Nam udah diubah jadi posisinya ngurus komandan. Tapi Kyu Nam berontak. Kayak udah gelisah aja gitu pengen balik lagi nyelametin bawahannya. 

Di film ini juga ada banyak cameo yang ditemui seperti Gu Young Tae di film Taxi Driver. Disini dia ditinggal di tengah padang pasir. Wkwkwk ... 

Pada saat Kyu Nam naik mobil sendiri mobilnya mendadak habis bensinnya. Karena tak ada pilihan, dia pun minta bensin. Dan menumpang hendak ke kantor Hyungpoori. 

Sebenarnya dia disini dicurigai. Masa ada ajudan tidak membawa siapa-siapa di mobilnya. Akhirnya disambungkanlah telepon. Bodornya keluar tuh pinternya Kim Do Ki disini, dia bilang, "Atasanmu masih di jamuan makan kan?" Wkwkwk ....

Dan memang bener Hyun sang lagi main piano disana menunjukkan kemampuannya di depan para ibu-ibu sosialita. Ada pemeran cameo di film Big Mouse juga disini. Kalau yang tahu dia memerankan jadi psikopat. Padahal dia korban menggantikan kejahatan yang dilakukan orang kaya, hiks. 

Baca juga: Big Mouse 

Di kantor Hyungpoori dia menemukan bawahannya dan hendak kabur. Tapi ada yang nyadar kalau tulisan di peta sama dengan tulisan di biodata yang Kyu Nam buat. Alhasil dia dimata-matai. 

Di mobil inilah dia tembak-tembakan dengan pihak Badan Keamanan Negara. 

Akhirnya mobil oleng dan Kyu Nam bersembunyi.. Sampai dia terniat pura-pura mati dengan mengoleskan air tanah dan ada pewarna merah--tentu bukan darah sungguhan kan, Jee Hoon? 

Saat pura-pura mati, mobil jalan, Kyu Nam berdiri dan mengambil peta yang menjauhinya. Sampai Kyoo Hwan bilang, "Bajingan itu ..." Xixi

Sampai kejar-kejaran, Kyu Nam dan Dong Hyuk pun mereka berdua masuk ke dalam air. 

esom escape

kyu nam escape

Dikejar mereka bertemu Nomad. Nah disini serunya saat Je Hoon bertemu kali pertama dengan Esom. Saat itu Esom berperan menjadi Ketua Nomad menodongkan pistol ke Je Hoon. Pas ketemu langsung mau bersorak, "Aaaa!" Seneng banget..... 

Ternyata Nomad mencari Sang-gu laki-laki berambut tebal. 

Ketika itu mereka berharap agar Hong Xa Bin bisa membebaskan Sang gu saudara mereka. 

Jee Hoon sudah berharap bilang akan membantu, tapi Hong Xa Bin bilang tidak bisa. Wkwk polos banget nolongin atasnya kek. 

Saat itu bawahan membisiki Esom, "Ada tim pelacak." 

Dengan cepat, mereka mencari jalan. 

Para tentara yang mencari pembelot, mereka mencari di lembah. Disini Hyun Sang pinter banget pada saat mendengar tetesan-tetesan air, Hyun Sang dengan handie talkie walkie dia mengontrol dari jauh, terus meminta semua berjalan tapi ketika ngga ada suara air Hyun Sang meminta bawahannya melihat ke atas dan ada sebuah lubang. 

Ketua Nomad disini sudah bersiap jikalau mereka akan berhadapan langsung dengan tentara. Saat semua sudah siap dengan pistok, Kyu Nam keluar dan menjadikan semua berfokus pada Kyu Nam dan Dong Hyuk.

Ketua Nomad keren disini juga akhirnya nolong Kyu Nam. Menembaki terus. Tentara korut semula terkecoh hendak mengejar yang menembak, tapi Hyun Sang berujar, "Tembakan itu bukan berasal dari pembelot!" 

Saat mereka tidak dapat bertemu dengan Kyu Nam, saat itu si psikopat dipukul terus sampai berdarah. Ngeri pukulannya juga. Wajah Hyun Sang disini ngeri banget. 

Saat lepas dari kejaran tentara Korut, Kyu Nam dan bahawaannya berjalan, ada kalanya mereka membicarakan makanan seperti ayam. 

"Bicara lebih sulit daripada berjalan," kata Dong Hyuk. Wkwk.. iya lah udah hampir setengah mati lari. 



Di film Escape Movie Korea ini seakan kita tidak bisa diajak tenang sebentar. Saat itu Dong Hyuk dan Kyu Nam terus dikejar dan keduanya mencari jalan. Bagaimana kisah selanjutnya? Nonton lebih seruuu. 

Film yang recommended dan saya berharap ingin Ko Kyoo Hwan bisa main film lagi soalnya karakternya dapat banget dia tuh. Sampai jengkel banget sama Ko Kyoo Hwan disini, bed jauh vibesnya dengan di D.P. Klimaksnya Hyun Sang mukul Kyu Nam terus dan berkata, "Kamu tahu apa (Tentang mimpiku)?" 

Baca juga: Review Film Taxi Driver 1

Baca juga: Review Film Taxi Driver 2

Masih menunggu kabar Taxi Driver 3, dan proses produksinya mudah-mudahan lancar dan Esom bisa come back jadi Kang Hana. Aamiin. Selainnya mudah-mudahan juga ada film Signal 2. 

Nonton di XXI TSM Bandung seru, tempatnya asik, soundnya mantap jadi sesuai dengan harganya di hari biasa 35.000 tambah tax. 

Baca juga: Review Film Signal 

No comments