Inilah 10 Fakta Traveling ke Gunung Bromo


gunung bromo


ke gunung bromo with kids

Ke Bromo adalah impian suami yang sudah disampaikan jauh hari ke keluarga besar. Akhirnya setelah beberapa tahun tertunda, tahun 2024 bulan Juli bisa berangkat dengan keluarga besar.

Inilah 10 Fakta Saat ke Gunung Bromo

Pertama, Gunung Bromo dingin saat dini hari (jam 01.00) ke subuh (jam 05.00). Setelah jam itu jam 08.00 pagi Bromo mulai panas.

Kedua, Yang pakai kerudung nggak perlu pakai kupluk, karena telinga udah cukup ditutup dengan ciput dan kerudung. Cukup pake jaket tebal aja, yang ada hoodie nya juga bagus.

Ketiga, Kata Mas Juki, tour guide kami, Puncak dingin Bromo pada bulan Agustus s.d Desember bisa sampai 0 derajat. Kalau puncak dingin ya berarti bawa bekal jaketnya yang tebal ya terutama buat bayi. 

Keempat, Pada saat kami kesana bulan Juli pas dini hari lumayan dingin, tangan pakai sarung tangan. Tapi ke pagi panas pol. 

Kelima, Siapin baju terbaik buat foto. Waktu setelan baju di pasir berbisik bisa tuh casual  dan bagus buat foto pra wedding. Pas kesana baju ngga prepare banget jadi seadanya.  Jadi ingat kasus kebakaran karena nyalain flaiere dan Bromo terbakar karena panas cepat terbakarnya. Sedangkan air tidak ada. 

gunung bromo


Keenam, Untuk gaya berfoto bisa menyesuaikan, baru kepikir pas udah beres dari Bromo haha.. ((Bisa suami istri pandang pandangan tapi senyumnya tipis aja kayak lagi pemotretan luar.. Bisa 1 di dalam mobil jeep sedang gaya menyetir dan yang lainnya di samping mobil jeep).


foto di atas mobil jeep bromo


Ketujuh, Di gunung Bromo bisa pakai jasa untuk dokumentasi gitu kemarin mobil jeep 2 dan dokumentasi total 2 juta. Kasih fee juga sekitar 150 utk 2 supir dan 1 tour guide.

Ke-8, Kalau pakai jasa paket dokumentasi, kita jadi kayak ada foto pemotretan khusus dan kita jadi kayak punya tour guide bisa ngobrol tau banyak dibandingkan sndiri.

Ke-9, Ada yang pakai open trip lebih murah kalau dalam kota ngga usah nginep bisa smpe kurang 300rb berhematnya. Biasanya yang open trip ini yang sendiri berangkat dan cari temen-temen baru pas disana, jadi daftar dari mulai mobil sampai disana disediakan, kecuali makan masing-masing, gak dari panitia.

Ke-10, Bawa perbekalan yang banyak untuk perjalanan kami dari Bandung ke Surabaya lumayan bekel pop mie banyak, kopi dan lain sebagainya. 

Alur perjalanan ke Bromo 

Tiga keluarga besar yaitu keluarga kakak dan adik suami ikut, beserta ibu mertua dan adik ipar. 

Hari Kamis lalu kami berangkat dari Bandung dengan 2 mobil berangkat tepat pukul 00.00 kami bertolak dari Bandung lewat tol Cileunyi. 

Di perjalanan transit di rest area dan di warung jajan al fatih surabaya. Menu nasi rawon yang saya suka. Sedangkan anak anak pesan stek ayam katsu. Kemudian lanjut lagi ke Homestay. Memilih homestay adalah hal yang penting untuk kenyamanan. Saat itu kami ke Puspa Homestay ada balkonnya dan 3 kamar yang nyaman. Dapur juga nyaman. 

Kami tiba di homestay puspa jam 14.00. Sepanjang perjalanan kanan kiri banyak mobil jeep yang siap mengantarkan ke gunung bromo. 

Jam 19.30 kami turun untuk memilih sewa jaket untuk perjalanan ke gunung Bromo. Tepat dini hari kami bangun dan bersiap.

Saya sudah bekal beli kupluk dan sarung tangan sebab belum beli pas jauh hari.

*

Tiba malam hari jam 01.00 kami naik mobil jeep dan dengan 2 mobil jeep. Sepanjang perjalanan 3 jam kami di jalan menuju tempat begitu dingin. Tangan terasa mulai panas karena kalau dingin kadang suka kaligata.

Sampai di atas, jam sudah menunjukkan jam 03.00 subuh. Ada warung untuk makan makan dulu kami membeli mie rebus dan menunggu 1 jam untuk shalat subuh dan ke toilet karena di atas udah ngga ada toilet lagi. 

Selanjutnya kami parkir mobil jeep di bawah dan jalan kaki sampai ke Bukit Widodari. Seru karena kami sampai di atas jam 5an dan udah mulai mengambil foto. 

Foto yang kami ambil sebagian karena dalam kegelapan akhirnya jadinya kurang bagus. Sampai sekitar jam 06.30 kami mulai turun dan mulai destinasi selanjutnya.

Perjalanan selanjutnya ke Gunung Bromo yang tandus. Kami melewati jalan yang menurun dan ekstrim. Bedanya suasana sudah mulai panas. Di gunung bromo kami berfoto dengan mobil jeep. Seneng banget ngelihat keluarga teteh yang foto foto dan couple goals banget karena fotonya bagus. Kalau ummi sama abi jangan ditanya wkwk. Sulit.

Foto lagi di Pasir Berbisik dan ke wahana Teletubbies. Karena suasana bekas kebakaran yang kasus tahun lalu sehingga banyak tanaman yang gersang dan banyak debu bekas tahun lalu. 

Keseruan perjalanan ke Gunung Bromo selengkapnya disini: 



No comments