Do Don't Sebelum dan Sesudah Operasi LASIK Mata

 

do dont operasi lasik


Dalam postingan sebelumnya, saya menulis tentang Bebas Tanpa Kacamata dengan Operasi LASIK. Nah, disana dijelaskan tentang bagaimana prosedur jika ingin mengalami LASIK. Nah kali ini akan dijelaskan detail tentang Do Don't Sebelum dan Sesudah Operasi LASIK Mata


Usia Minimal Menjalani Operasi LASIK 

Ternyata sahabat, ada usia minimal menjalani operasi LASIK yakni 18 tahun. Tapi hal ini juga bervariasi tergantung beberapa faktor kebijakan dari layanan medis. 

Kenapa ya 18 Tahun? 

Ternyata karena di bawah usia 18, mata kita masih bisa berkembang dan berubah, kalau harus operasi LASIK hasilnya tidak akan optimal dan tidak bisa memberikan hasil yang permanen. Sementara di usia 18 tahun perubahan refraksi mata (seperti miopia atau hipermetropia) biasanya telah stabil. Selain itu mata umumnya mencapai kematangan penuh pada sekitar usia 18.

operasi lasik mata

Bagaimana dengan Usia Lanjut?

Untuk pasien yang lebih tua harus dievaluasi untuk kondisi seperti katarak atau degenerasi makula yang memengaruhi hasil operasi. 

Faktor Pertimbangan Lain

1. Stabilitas Penglihatan: Dokter ingin bukti resep kacamata atau lensa kontak stabil setidaknya 1-2 tahun sebelum menjalani operasi LASIK. 

2. Kesehatan Mata. Pasien memiliki mata yang sehat dan bebas dari kondisi seperti keratokonus, infeksi mata, atau penyakit mata lainnya.  

3. Kesehatan Umum: Kalau pasien juga punya diabetes atau penyakit autoimun juga dapat memengaruhi kualifikasi untuk LASIK. 

4. Tidak sedang Hamil dan Menyusui 

5. Harapan yang Realistis sehingga pasien memahami risiko serta manfaatnya

6. Tidak mengalami sindrom mata kering yang parah 


Berapa Lama Waktu yang Dilakukan Saat Operasi LASIK? 

Untuk waktu yang dilakukan saat operasi LASIK berlangsung cepat yakni selesai sesuai prosedur dalam waktu 15 hingga 30 menit (untuk kedua mata). Pihak Rumah Sakit baik itu Dokter dan tim medis akan mengevaluasi pasien bahwa pasien merasa nyaman dan memahami setiap langkah dari prosedur ini.


Hal yang Dilarang Sebelum Operasi LASIK (Jangan ...) 

operasi lasik

Nah, kali ini saya akan membahas tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum menjalani operasi LASIK. Hal yang tidak boleh diantaranya: 

1. Menggunakan Lensa Kontak 

Penggunaan soft lens harus dihentikan penggunaannya setidaknya 1-2 minggu sebelum pemeriksaan awal dan operasi. Selain itu Rigid Gas Permeable (RGP) lenses atau lensa kontak keras yang permeabel terhadap gas. Ini juga harus dihentikan penggunaannyas setidaknya 3-4 minggu sebelum pemeriksaan awal dan operasi. 

Lensa kontak bisa mengubah bentuk kornea mata, sehingga penting untuk menghentikan penggunaannya agar kornea kembali ke bentuk alami. 

2. Menggunakan Produk Kecantikan 

Pada saat mau menjalankan operasi LASIK, penting untuk tidak menggunakan produk kecantikan. Terutama jangan menggunakan makeup mata, krim, losion atau juga parfum sehari sebelum dan pada hari operasi. Produk make up di bagian tersebut dapat meninggalkan residu dan meningkatkan risiko infeksi selama dan setelah prosedur. 

3. Memakai Wewangian dan Produk Berbau Kuat

Ternyata memakai wangian dapat memengaruhi laser yang digunakan dalam prosedur sehingga pemakaian wewangian pun dilarang. 

4. Mengonsumsi Alkohol 

Dalam Islam, mengonsumsi khamr adalah haram. Ternyata dalam operasi LASIK juga tidak boleh jika mau operasi LASIK karena dapat menyebabkan dehidrasi dan memengaruhi kondisi mata serta respons tubuh terhadap anestesi. 

5. Mengenakan Pakaian yang Menyebabkan Serat 

Hindari juga menggunakan pakaian yang bisa melepaskan serat seperti sweater berbulu atau pakaian berbulu lainnya yang bisa mengganggu sterilitas ruang operasi. 

Selain hal yang perlu diketahui sebelum operasi ada juga hal-hal yang tidak boleh dilakukan setelah operasi. 

Baca juga: Operasi Kecil karena Ada Benjolan Pada Mata

Hal yang Boleh Dilakukan Saat Operasi LASIK (Boleh ...)

1. Tetap tenang dan Rileks 

2. Mengikuti instruksi dokter sebelum, selama dan setelah operasi terkait operasi LASIK 

3. Menjaga Kepala Tetap Diam

4. Menggunakan Obat Tetes Mata 

5. Menyampaikan Keluhan 


Hal yang Diperhatikan SETELAH Operasi LASIK (Hindari ...)

setelah operasi lasik

Setelah operasi LASIK akan ada banya hal yang harus diperhatikan untuk memastikan proses penyembuhan berjalan dengan baik, termasuk soal keramas. 

1. Hindari Air di Mata 

Setelah operasi LASIK, penting untuk menjaga agar tidak ada air, sabun, atau sampo yang masuk ke mata. Ini karena mata masih dalam tahap penyembuhan dan rentan terhadap infeksi. 

2. Keramas dan Cuci Muka 

Selama satu minggu sebaiknya tidak keramas ataupun cuci muka dulu dulu karena bisa menyebabkan iritasi pada kornea mata. 

3. Menggunakan Pelindung Mata

Menggunakan pelindung mata saat tidur atau saat mandi untuk mencegah air atau kotoran masuk ke mata. 

4. Mengemudi 

Jangan mengemudi setelah operasi karena penglihatan belum stabil dan obat yang diberikan dapat memengaruhi kemampuan mengemudi. 

Baca juga: Pengalaman Mencari Kacamata untuk Minus Besar dan Silindris yang Awet dan Nyaman

Kesimpulan 

Ternyata cukup banyak juga hal yang harus kita ketahui sebelum memutuskan operasi LASIK mata ini. Seperti minimal berusia 18 tahun, dan waktu yang dibutuhkan untuk operasi 15 menit-30 menit pada mata. Dan tidak boleh keramas atau cuci maka dulu sehabis operasi karena mata yang sensitif karena baru saja operasi. 


No comments