9 Kesalahan Penggunaan Laptop

kesalahan penggunaan laptop

Laptop adalah alat yang dipergunakan untuk para kreator berkarya. Bukan hanya itu bagi pelajar dan umum pun, laptop menjadi alat untuk dapat mengerjakan tugas dan lainnya. 

Sayangnya untuk penggunaan laptop terkadang tidak baik baik saja. Baik pemakaian sehari-hari ataupun penggunaan baterainya. 

Di bulan Juli ini saya pun harus menyiapkan setengah juta untuk perbaikan servis laptop. Yah, setelah pemakaian mobile tentu mungkin dia butuh sentuhan perbaikan juga. 

Beberapa Kesalahan Penggunaan Laptop 

Inilah beberapa kesalahan penggunaan laptop yang sering menyebabkan kerusakan perangkat atau penurunan kinerja. Beberapa kesalahan umum termasuk:

1. Mematikan Laptop Langsung (Dengan Menutup Cover Laptop Langsung)

Mematikan laptop langsung dengan menutup cover laptop ataupun langsung menekan tombol daya secara paksa atau mencabut baterai dapat merusak sistem operasi dan menyebabkan kehilangan data. Cara yang tepat shut down seperti biasa. ~Biasanya anak-anak yang suka langsung mematikan laptop dengan menutup cover. Sebenarnya laptop masih nyala, lalu dimatikan dengan langsung ditutup. Huhu siapa yang kayak gitu coba.. Hm  

2. Overheating

tips penggunaan laptop
'
Menggunakan laptop di atas permukaan yang tidak rata atau di tempat yang panas dapat menyebabkan overheating. Sebaiknya gunakan cooling pad atau pastikan ventilasi udara tidak terhalang.

3. Pemakaian Laptop di Kasur

Saat bertemu dengan tukang servis lalu diberi tahu tips tips seperti memakai laptop jangan di kasur karena tidak ada sirkulasi udara nantinya malah kotoran atau debu masuk. 

saya kaget.. gitu doang laptop bisa rusak ya? 

Itu ngerusak SSD. 

SSD nanti data penting hilang. 

Kalau bisa ada kipas sehingga terjaga udara di dalam laptop. Bisa lebih awet. Kemudian kata tukang servisnya logikanya kalau 3 tahun laptop masih bagus. Ini karena pemakaian di kasur ga ada udara yang masuk ke laptop dan juga 

bagus banget 

lalu sempet ngebersihin keyboardnya juga katanya kotor. 

selain itu SSD diganti jadi 265 ram. 

Jadi bersih ... 

4. Tidak Menghiraukan Pembaruan Perangkat Lunak

Dulu sering saya mengabaikan perintah update di laptop. Tapi itu jadi susah pas masuk ke wifi. Kata IT di kantor, update aja. Jadi sekarang tiap ada perintah saya update. Memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak untuk keamanan dan masalah kompatibilitas.

5. Tidak Menggunakan Antivirus

Laptop yang tidak dilengkapi dengan perangkat lunak antivirus rentan terhadap serangan malware dan virus.

6. Membiarkan Mengisi Daya Laptop atau Membiarkan Baterai Habis Total

Mengisi daya laptop secara terus-menerus atau membiarkan baterai habis total sebelum diisi ulang dapat memperpendek umur baterai.

7. Membawa Laptop Tanpa Pengaman atau Penanganan Fisik yang Kurang Tepat

Menjatuhkan, menekan layar terlalu keras, atau meletakkan benda berat di atas laptop dapat merusak komponen fisik seperti layar dan hard drive.

8. Mengabaikan Kebersihan

Tidak membersihkan keyboard, layar, dan ventilasi secara teratur dapat menyebabkan penumpukan debu dan kotoran yang mempengaruhi kinerja laptop.

9. Menghubungkan dan Mencabut Periferal dengan Tidak Benar

Mencabut USB atau perangkat lain tanpa melepasnya dengan aman dapat merusak port dan perangkat itu sendiri. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini, Anda dapat memperpanjang umur laptop dan menjaga kinerjanya tetap optimal.


No comments