Pengalaman Rawat Jalan Sakit Gejala DB

sakit gejala DB


Hari ke-7 bangun kerasa sesek. Tangan kerasa kaku. Badan pegel semua. Tapi habisnya kerasa kaku. Tapi habisnya minum alhamdulillah kerasa lebih baik, 

Apa ini gejala DB? DB jangan dianggap main-main. 

Awalnya lagi ngga enak badan dari Jumat. Sebagai seorang Ibu, kalau lagi ngga enak badan tentu inginnya diam kan? 

Nah, pas jam setengah 10, dapat telepon dari Bu Guru kalau Adzki muntah di sekolah, lemes dan kakinya dingin. Demam juga. 

"Bu, ini Adzki muntah-muntah, terus panas tinggi." 

Saya langsung ngorejat dan pergi. 

Belum siangnya juga sama teteh Aska demam dan baru ketahuan haid. 

Jumat sore demamnya pada tinggi. Adzki sampai 39.6. Keesokannya demamnya sama. Begitupun teteh Aska besoknya 38. Dan sayang sakit. 

Orang geuring ngurus orang yang sakit asa beuki geuring. Duh maaf kasar. 

Lalu saya coba banyakin masak sayur sop, tongkol dan juga abinya beli buah 2 kg. Saya beli bubur, kunyit asem, vitamin C 1000, dan lain-lain.

Sabtu pagi di temp Adzki 39.2 sampai ke malam masih tetep sama 39.2. 

Saya beli banyak makanan lagi buat anak-anak. 

Cuaca ekstrem panas di siang hari. Kalau saya ngeluarin ciri yang beda. Kulit merah ruam panas gatal berpindah-pindah tempat tiap harinya. Awalnya di tangan kanan dan itu kayak bentol tiba-tiba. Muncul selama 4 hari berturut-turut. 

Di rumah ada Citirizine langsung diminumkan. Jadi ngga terlalu nyebar sakit gatal merah panasnya. 

Pas hari Minggu udah pada normal di 37 Adzki. Aska juga turun. Cuma ya naik sedikit jadi tetep senin mau ke dokter. 

Berangkat nyubuh ke puskesmas puter dan disambut no 16. Ke nenek dulu, sarapan dan beberes, kemudian di cek lab. Lumayan diambil darah sebanyak 100 ml. Nunggu sekitar 1 jam dan hasilnya Aska trombosit normal 188, Adzki juga normal 167, sedangkan saya --ternyata-- yang trombositnya turun di 122. Pantesan rasanya badan aduh panas dingin, kayak kleyengan dan ngga enak badan.  

trombosit di bawah batas normal

Lalu dokternya meminta saya datang keesokan harinya untuk kembali cek lab (baca: suntik lagi) dan kalau di bawah 100, udah harus langsung dirawat. 

Dari situ saya minum jus jambu siang dan sore, malam juga Papa beliin lagi. Juga dapat vitamin B complex, vitamin C, dan Paracetamol, juga Citirizine. Anak-anak juga sama obatnya. Kalau anak-anak kontrol Rabu. 

Keesokan harinya saya suntik lagi dan trombosit saya 144, kata dokter udah naik, tapi masih di bawah. Tapi udah sedikit-sedikit naik trombositnya. Udah dapat lampu hijau izin ngga usah dirawat alhamdulillah makan dibenerin.

Tapi saya masih dipantau untuk cek lab lagi keesokan harinya. Udah 3 hari 3x disuntik. Hehe. Dan di hari ke-3 trombosit saya udah naik jadi 169. Alhamdulillah. 

Adzki juga udah suntik, dan trombositnya meski sedikit turun, tapi leukositnya di 4.7 gak apa-apa kata dokter. Anak-anak jadi kebawa ngga sekolah karena ngga ada yang ngurus sehari-harinya. Masya Allah. 

Pengalaman tiap orang DB beda-beda tapi da yang sama yaitu ada fase kritis, fase pemulihan. DB banyak makan dan juga banyak minum. Asal jangan dehidrasi. 

Lumayan seminggu di rumah dan masuk ke kantor lagi alhamdulillah welcome to the jungle ... hehe. Lumayan 3 hari berturut-turut suntik terus he. 

No comments