Review Buku: Petualangan Yaiza dalam Dunia Cermin (Mirror The Secret of Yaiza)


Membaca buku "Mirror The Secret of Yaiza" mengikuti petualangan tokoh utamanya bernama Yaiza yang awalnya dikejar-kejar oleh dua orang asing mendebarkan dan seru! 

Yaiza masuk ke portal cermin di rumah tua. Saya bisa merasakan masuk ke portal cermin yang menyakitkan karena melewati cermin yang menyakitkan karena melewati cermin seperti ada retakan-retakan untuk memasukinya. 

Pada saat terjebak tak ada jalan keluar, ada seorang dengan kabut hitam menawarkan pertolongan pada Yaiza.

Dia bingung dan tak punya pilihan lain selain mengikutinya. 

*

Di Dunia Cermin, Yaiza menemukan Ciara dan Randolph yang akan menemani hari-harinya bertualang semata-mata Yaiza ingin keluar dari Dunia Cermin dan kembali ke dunianya. 

Hal-hal menarik seputar dunia fantasi saya temukan disini seperti bisa mengirim pesan ke bumi saat Yaiza ingin memberi tahu Ibunya bila tidak bisa pulang cepat atau setidaknya 1 minggu. Jadi Yaiza menyampaikan kabar dibumbui kebohongan agar Ibunya tidak merasa khawatir. 

Dia berada di dunia yang harus melewati berbagai rintangan agar bisa keluar dari sana. 

Tiga bulan sebelum cetak Mirror The Secret of Yaiza, Ui Yuliani menerbitkan buku berjudul "Rei Perjalanan Tak Terduga" di Penerbit Maharani pada bulan Juli 2021. Cetakannya bagus. 

Saat membaca buku di halaman-halaman pertama, setting tempat petualangannya Yaiza dapat tergambar oleh pembaca dengan mudah, karena dijelaskan dengan detail.

Bacaan fantasi ini seruuu. Dengan bahasa yang mudah dipahami, lulusan Pendidikan Sastra Bahasa Sunda UPI Bandung ini  menceritakan dengan sudut pandang tokoh utama aku-an Yaiza, sehingga pembaca bisa merasakan emosi, kegelisahan dan hal yang dialami tokoh utama. 

Bacaan recommended untuk bacaan anak, remaja dan dewasa yang butuh penyegaran atau kisah petualangan.

Banyak pelajaran yang bisa diambil oleh pembaca seperti semangat tokoh utama dalam memecahkan masalah, konflik, persahabatan, dan lain-lainnya.

Insight pengetahuan baru juga bisa didapat. Seperti ini misalnya 

Saat pertama kali melihat wujud para makhluk itu langsung mengingatkanku pada monster-monster dalam mitologi bangsa- bangsa di duniaku. Ya, di antara mereka ada yang wujudnya seperti Cerberus yang bentuknya berupa anjing raksasa dengan tiga kepala, Ghoul: Zombi dalam mitologi Arab Kuno, Chimaera yaitu makhluk dengan tiga kepala: singa, kambing, dan ular, Ogre yaitu wujud raksasa jahat, Minotaur: Makhluk yang berwujud setengah banteng dan setengah manusia, Satya, Giant, dan lain sebagainya-yang wujudnya tak kalah mengerikan. Namun, menurut penjelasan Ciara maupun kakaknya, monster-monster ini sama sekali tak ada sangkut-pautnya dengan makhluk mitologi di duniaku, tetapi mereka tercipta dari rasa benci, iri, dengki, dan emosi buruk manusia. Entahlah aku juga tak begitu paham yang kedua adik kakak itu jelaskan ...

Penulisnya tahu tentang mitologi-mitologi, juga teori di dunianya seperti kepala naga kalau udah putus, tapi bisa ada lagi. 

Membuat cerita baru fantasi seperti menciptakan dunia baru dan untuk membuat tulisan fantasi, pastinya akan lebih terasa saat sering membaca buku-buku fantasi.

Senangnya membaca buku ini membuka pikiran dan ide-ide segar untuk menulis fantasi lagi. Jadi agak minder kemarin menulis "Petualangan di Negeri Kabut" karena belum pandai dan tidak terlalu menguasai, jadi menulis dengan feeling dan lewat kekuatan yang lebih saya kuasai seperti pengalaman sehari-hari dan cerita realis. 

Kekurangan sedikit mungkin saya agak terganggu dengan banyaknya kata "diri ini" sehingga bisa diganti dengan kata "aku" atau yang lainnya. Secara keseluruhan isi buku menarik dan membius pembaca untuk tahu kisah selanjutnya. Covernya bagus menggambarkan petualangan Yaiza di sebuah dunia Cermin. 





Selamat kepada Ummi Sofia. Semoga saya juga bisa produktif seperti Ummi Sofia dalam menulis. Aamiin. 


DATA BUKU

Judul: Mirror The Secret of Yaiza 

Penulis: Ui Yuliani 

Cetakan: 1, Desember 2021

Penerbit: Penerbit Lovrinz, Cirebon 

Tebal: 

ISBN: 978-623-594-5101

No comments